Jumat, 28 Agustus 2009

Menunggu 115 Menit, Barca Juara



Sabtu, 29/08/2009 04:20 WIB

(REUTERS)
Monaco - Tidak mudah buat Barcelona menaklukkan Shakhtar Donetsk dalam perebutan Piala Super Eropa. Mendominasi permainan dan terus menekan lawan, mereka butuh 115 menit untuk mencetak satu gol kemenangan.

Pada pertandingan di Stade Louis II, Monaco, Sabtu (29/8/2009) dinihari WIB, Barcelona mengalahkan Shakhtar dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal tersebut lahir di babak kedua extra time, dicetak pemain pengganti Pedro Rodriguez, menyelesaikan umpan Lionel Messi.

Pertandingan ini berjalan tidak seimbang karena Shakhtar memilih memainkan sepakbola negatif. Tim Ukraina ini menumpuk pemainnya di wilayah permainan sendiri untuk bertahan dari gempuran para pemain Los Blaugrana.

Strategi bertahan habis-habisan itu berguna untuk skuad asuhan Mircea Lucescu karena gawang mereka sulit dibongkar skuad Pep Guardiola, walaupun terus dibombardir oleh Messi, Thierry Henry, Xavi Hernandez, dan lain-lain, termasuk pemain baru Zlatan Ibrahimovic.

Salah satu kunci sukses Shaktar meredam serangan El Barca adalah penampilan gemilang kiper Andriy Pyatov. Boleh dibilang, nyaris tak terhitung penjaga gawang berusia 25 tahun itu menggagalkan peluang yang didapat anak-anak juara Liga Champions 2009 itu.

Selama dua babak Barca tak mampu mencetak gol ke gawang Shakhtar, begitu pula sebaliknya. Maka babak tambahan pun diadakan, dan selama itu pula Barca masih mendominasi permainan.

Bahwa raksasa dari Catalan itu "harus" juara, hal itu terwujud di menit 115, alias lima menit sebelum pertandingan mungkin harus disudahi dengan adu penalti. Messi, yang bermain kesetanan dalam mengacak-acak pertahanan lawan, memberi umpan brilian di kepada Pedro Rodriguez di depan kotak penalti.

Dengan sekali sambar, Rodriguez melepaskan tembakan datar ke tiang jauh, dan bola tak berhasil dijangkau Pyatov. Berakhirlah penantian selama 115 menit, dan Barca pun memperoleh golnya.

Rodriguez adalah penyerang muda berusia 22 tahun yang baru turun ke lapangan sejak menit 81, menggantikan Ibrahimovic. Ia adalah pahlawan saat Barca unggul 2-1 atas Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol minggu lalu, saat ia membuat satu assist dan mencetak satu gol penentu kemenangan timnya.

Gol tunggal ciptaan Rodriguez di Monaco itu sudah cukup untuk memberi Barca trofi keduanya di awal musim ini, setelah minggu lalu merengkuh Piala Super Spanyol. Total di tahun ini, mereka telah mengoleksi lima piala, yakni La Liga, Copa de Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.


Susunan pemain:
Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 22-Eric Abidal; 24-Yaya Toure (16-Sergio Busquets 100), 6-Xavi Hernandez, 15-Seydou Keita; 9-Zlatan Ibrahimovic (17-Pedro Rodriguez 81), 10-Lionel Messi, 14-Thierry Henry (11-Bojan Krkic 96).

Shakhtar Donetsk: 30-Andriy Pyatov; 33-Darijo Srna, 5-Olexandr Kucher, 27-Dymytro Chygrynskiy, 26-Razvan Rat; 3-Tomas Hubschman, 11-Ilsinho, 19-Olexiy Gai (14-Vasyl Kobin 80); 7-Fernandinho (8-Jadson 78), 22-Willian (77-Julius Aghahowa 91), 17-Luiz Adriano. ( a2s / key )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar